Hal-hal Yang Berkaitan Dengan Internet

Baiklah postingan saya kali ini saya akan sedikit membahas kata-kata yang populer dan yang tidak populer dalam ber-internet, baiklah dari pada saya menulis secara panjang lebar saya akan mulai sekarang.

Oke kata pertama kita adalah "BANDWITCH", so apa itu bandwitch, bandwitch jumlah data yang dapat dibawa dari sebuah titik ke titik lain dalam jangka waktu tertentu (pada umumnya dalam detik). Jenis Bandwidth ini biasanya diukur dalam bps (bits per second).

Contoh: Ketika anda menerima/mengirim email, asumsikan besarnya email yang diterima/dikirim adalah 4 KB, berarti secara teori, untuk bandwidth 1.000 MB (1.000.000 KB) anda bisa *kirim* 250.000 email atau berbagai variasi antara kirim/terima, misalnya 100.000 kirim, 150.000 terima. Ini hanya contoh untuk penjelasan bandwidth, pada kenyataannya, data yang keluar masuk ke account bisa datang dari pengunjung (yang mendownload halaman website ke PC-nya), atau anda upload gambar/file ke account dan sebagainya.


Lalu kemudian adalah "BASEBAND" oke jadi apa itu baseband, secara bahasa baseband adalah Sebuah type kanal transmisi dimana transmisi data hanya dapat dilakukan dalam satu kanal saja, hanya satu sinyal yang dapat dialirkan pada suatu saat. Ethernet merupakan suatu sistem baseband.

Berikutnya adalah "BOARDBAND", boardband adalah merupakan sebuah istilah dalam internet yang merupakan koneksi internet transmisi data kecepatan tinggi. Ada dua jenis jalur lebar yang umum, yaitu DSL dan kabel modem, yang mampu mentransfer 512 kbps atau lebih, kira-kira 9 kali lebih cepat dari modem yang menggunakan kabel telepon standar.

Berikutnya yakin " NARROWBAND", Narrowband adalah merupakan pita dengan saluran sempit. Dengan kemampuan kecil. Defenisi dari narrowband ini berbeda-beda dari berbagai industri.


Contoh teknologi yang tergolong narrowband ini:


  • T-1 pada 1,54 Mps melalui media fiber optik, infra merah, gelombang mikro atau dua pasang kabel.
  • Jalur telepon analog pada 3000 Hz, pada POTS (Plain Old Telephone Service), atau infrastruktur telepon biasa. Untuk memanfaatkan data digital pada teknologi ini ditambahkan perangkat modem, yang berfungsi untuk membawa data dari komputer digital.
  • BRI ISDN pada 144 kbps. Dua jalur untuk suara dan data, masing-masing pada 64 kbps. Satu jalur untk sinyal 16 kbps.
Lalu, selain 4 itu ada juga WIFI dan 3G yang juga merupakan kamus populer dalam internet, oke jadi apa yang dimaksud dengan WIFI dan 3G ??

"WIFI" adalah kependekan dari Wirelles Fidelity yaitu jaringan nirkabel, jika pada komputer wifi sering diartikan jaringan internet tanpa kabel seperti modem untuk koneksi ke internet, 
sedangkan "3G" adalah  sebuah standar yang ditetapkan oleh International Telecommunication Union (ITU) yang diadopsi dari IMT-2000 untuk diaplikasikan pada jaringan telepon selular. Istilah ini umumnya digunakan mengacu kepada perkembangan teknologi telepon nirkabel versi ke-tiga. Melalui 3G, pengguna telepon selular dapat memiliki akses cepat ke internet dengan bandwidth sampai 384 kilobit setiap detik ketika alat tersebut berada pada kondisi diam atau bergerak secepat pejalan kaki.. Akses yang cepat ini merupakan andalan dari 3G yang tentunya mampu memberikan fasilitas yang beragam pada pengguna seperti menonton video secara langsung dari internet atau berbicara dengan orang lain menggunakan video. 


Dan terakhir adalh penjelasan Perbedaan antara BROWSER, SITUS WEB, dan HALAMAN WEB.
Browser adalah Browser adalah program aplikasi yang menterjemahkan kode HTML dan merepresentasikan halaman web site. Aplikasi inilah yang paling sering kita gunakah setiap hari untuk melakukan browsing di dunia maya. Macam browser sekarang semakin banyak saja diantaranya adalah: Internet Explorer, Netscape, Mozilla, Chrome, Safari, dll.

Situs Web adalah sekelompok halaman situs yang ada di internet yang merupakan suatu bagian dari domain, sub domain maupun world wide web. contohnya blogger.com ini

Halaman web adalah  Sekelompok data yang tampil di world wide web, informasi ini dapat dimunculkan dengan menyebutkan alamatnya yang dikenal dengan istilah URL (Uniform Resource Locator). Halaman web ini dibuat dalam suatu format standar HTML (Hypertext Mark-up Language) dimana dokumen HTML tersebut disimpan dalam suatu server. Sedangkan untuk menampilkan halaman tersebut digunakan web browser.
Share this article :

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Belajar Internet | Dwi Aji
Copyright © 2011. BELAJAR INTERNET - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by MTemplate
Proudly powered by Blogger