CARA MENGAMANKAN KONEKSI WIFI

Wifi singkatan dari Wireless Fidelity.

Sebagian besar orang terburu-buru ketika mengatur koneksi wifi mereka tanpa berpikir tentang keamanan koneksi wifi mereka. Hal ini cukup dimengerti bahwa mereka ingin terhubung ke Internet secepat mungkin dan Selain mengamankan jaringan wifi agak rumit bagi kebanyakan orang, sehingga mereka cepat menyerah dan meninggalkan jaringan wifi mereka tanpa jaminan (keamanan).
Beberapa celah melalui sambungan wifi (wifi cinnection) tidak aman dan Anda dapat dengan mudah di hack. Jadi, Dalam posting ini anda akan tahu bagaimana untuk mengamankan jaringan wifi anda dengan langkah sederhana.
Jika jaringan nirkabel Anda telah di-hack atau diakses oleh orang lain maka dapat dengan mudah untuk mengusai penggunaan data Anda jika Anda memiliki data plan terbatas atau lebih buruk mungkin mengakibatkan biaya tambahan pada Anda. Bahkan jika Anda memiliki data plan yang tak terbatas tetapi wifi Anda telah di-hack maka kecepatan koneksi anda juga akan berkurang.
Langkah demi langkah panduan yang diberikan di bawah merangkum semua langkah yang diperlukan yang harus di ambil untuk mengamankan jaringan wifi Anda.


1. Change Default Administrator Passwords (and Usernames) > Ubah Password Administrator default (dan Usernames)
Setiap kali Anda membeli modem baru atau koneksi baru maka anda diharuskan untuk mengkonfigurasi modem Anda. Halaman konfigurasi modem dapat diakses dengan memasukkan username dan password untuk melindunginya dari akses yang tidak sah. Secara default nama user yg digunakan sebagian besar perusahaan adalah admin atau administrator dan password default yang digunakan adalah password, publik, admin atau beberapa kata sederhana lainnya. Jadi gantilah usename dan password Anda segera setelah Anda me-setup modem Anda, karena kombinasi username dan password standard telah diketahui oleh sebagian besar hacker.

2. Turn on (Compatible) WPA / WEP Encryption > Aktifkan (kompatibel) WPA / WEP Enkripsi
Sebagian besar modem modern memungkinkan baik WPA dan WEP untuk mengamankan wifi Anda. Penerapan kunci ini tidak hanya akan mengenkripsi koneksi jaringan wifi anda tetapi juga akan berlaku authentication. Jadi, Anda harus memilih enkripsi terkuat untuk mengamankan jaringan wifi Anda.

3. Enable MAC Address Filtering > Aktifkan MAC Address Filtering
Mac Address juga dikenal sebagai alamat fisik dari sebuah komputer. Alamat Mac adalah alamat unik dari sebuah komputer yang statis dan tidak dapat diubah. Jadi, router dapat dikonfigurasi untuk menyambung ke perangkat hanya untuk orang-orang yang MAC Address-nya cocok dengan home device. Ini akan mengamankan koneksi wifi Anda hanya dengan membiarkan home device untuk terhubung.

4. Enable Firewalls On Each Computer and the Router > Aktifkan Firewall Pada Setiap Komputer dan Router
Sebagian besar router modern dilengkapi dengan kemampuan firewall built-in untuk mengamankan jaringan wifi Anda. Pastikan bahwa firewall router Anda diaktifkan jika router Anda hanya satu. Di sisi lain Anda juga dapat menggunakan firewall di komputer Anda. hal ini menyediakan tambahan dan lapisan perlindungan yang kuat untuk mengamankan sambungan wifi anda dari hacker atau penyerang jaringan.

5. Position the Router or Access Point Safely > Posisikan Router atau Access Point Aman
Sebuah kebocoran kecil sinyal wifi dari rumah ke luar tidak dapat dihentikan tapi kebocoran sinyal dapat minised ke tingkat yang lebih besar hanya dengan mengubah arah antena router Anda. Jangan pernah menempatkan router anda dekat dengan windows sebaliknya usahakan menempatkannya di tengah rumah. Anda akan mendapatkan kualitas terbaik dari sinyal wifi dari rumah keluar dengan meminimalisir kebocoran sinyal wifi ke dunia luar.

6. Turn Off the Network During Extended Periods of Non-Use > Matikan Jaringan Selama tidak digunakan
Mematikan router jika tidak digunakan akan mengamankan sambungan wifi Anda dengan memberikan waktu akses yang sedikit untuk hacker ke jaringan wifi anda dan akan sulit bagi mereka untuk menge-hack dalam waktu singkat. Selain itu akan menghemat listrik Anda yang akan menjadi keuntungan sekunder bagi Anda.
Share this article :

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Belajar Internet | Dwi Aji
Copyright © 2011. BELAJAR INTERNET - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by MTemplate
Proudly powered by Blogger