FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KECEPATAN INTERNET


1. Berapa kecepatan yang diberikan oleh source atau sumber Internet dalam hal ini adalah si Internet Provider atau ISP.
Kecepatan internet biasanya disebut bandwidth dan diukur dalam satuan Byte per detik( Bps ) atau bit per detik(bps). Bedanya adalah 1Byte=8bit. INGAT byte biasanya ditulis B sedangkan bit ditulis b.

2. Media penghubung antara si user dan ISP .
kapasitas media tersebut harus lebih besar dari kapasitas source yang diberikan oleh ISP. Jenis media yang digunakan juga mempengaruhi kualitas internet yang diakses terutama untuk tingkat kestabilan.
Untuk media Kabel kualitas dan kestabilannya adalah yang terbaik, sedangkan untuk media yang non kabel seperti wireless atau apapun bentuknya seperti wi-fi atau jaringan 3G dan 3.5G masih tergantung pada kualitas sinyal yang diterima oleh modem atau perangkat Radio Frequency (RF) yang yang dipakai.


3. Faktor yang cukup penting adalah prilaku user dalam mengakses internet. Saat anda mengakses suatu website(BROWSING) sebenarnya yang terjadi adalah anda melakukan aktivitas yang namanya download cuma bedanya dengan mendownload suatu file adalah anda tidak tahu berapa besar file yang anda download. Tidak semua website memiliki file yang sama besar, tergantung pada isi atau content dari website tersebut. Biasanya website dengan content yang banyak gambarnya, video streaming atau game online memiliki file yang cukup besar ukurannya sehingga terasa lebih lambat jika dibandingkan dengan kalau kita mengakses website yang hanya berisi text file saja. Semakin besar isi dari website tersebut semakin lambat akses kita ke website tersebut. Berdasarkan rumusan berikut: Waktu akses adalah besarnya file yang akan didownload atau diakses DIBAGI Kecepatan internet(Bandwidth).
Selain itu adalah penggunaan aplikasi (software) untuk mempercepat download file bisa menyebabkan kegiatan seperti browsing menjadi lambat.

4. Faktor keempat adalah lokasi di mana website yang hendak kita akses menyimpan filenya atau server yang melayaninya. Contohnya website-website internasional seperti yahoo amerika tentunya servernya ada di Amerika.
Hal tersebut tidaklah menjadi masalah jika ISP yang anda gunakan memiliki kapasitas bandwidth yang tersedia sama besar antara ke website lokal dan ke website internasional tetapi jika tidak, tentunya pasti ada perbedaan waktu akses antara website lokal dan website internasional.

5. Jumlah user internet dalam satu local area network atau LAN.
Jumlah user pun mempengaruhi kecepatan akses internet.
Hal ini sangat masuk akal karena semakin banyak user maka semakin banyak file yang didownload( lihat faktor 3 ) sedangkan kapasitas internet tidak bertambah alias tetap. Dan juga prilaku tiap user pun berbeda-beda.

6. Jenis dari koneksi internet yang anda gunakan
Perlu diketahui bahwa banyak cara agar kita dapat terhubung (terkoneksi) dengan internet, berikut ini adalah beberapa jenis koneksi yang biasa dipakai di Indonesia secara umum :
  • Dial Up : melalui sambungan kabel telephone rumah dengan modem biasa
  • ADSL     : melalui sambungan kabel telephone rumah dengan modem ADSL, jenis koneksi ini lebih cepat dari Dial Up
  • GPRS     : melalui modem Handphone atau mobile modem atau modem GSM atau CDMA, tidak begitu cepat dibandingkan dengan ADSL Modem
  • Wireless: melalui Jaringan Wireless yang disediakan ISP, koneksi ini lebih cepat dari ADSL Modem tergantung dari berapa kecepatan yang diberikan ISP dan kemampuan perangkat wireless anda menangkap sinyal
  • dst,
 7. Komputer yang anda gunakan
Komputer yang anda gunakan juga mempengaruhi kecepatan akses internet, semakin bagus spesifikasi komputer yang anda gunakan semakin baik koneksi internet anda.

8. Sistem komputer anda
Sistem pada komputer yang anda gunakan juga sangat berpengaruh terhadap kecepatan akses internet, seperti Operating System yang anda gunakan, sistem keamanan pada komputer anda terhadap serangan dari internet seperti trojan, virus, worm, dsb. Perlu diketahui sistem yang bersih akan berpengaruh pada kecepatan akses internet.

9. Aplikasi browser yang anda gunakan.
Aplikasi / program / software yang anda gunakan untuk browsing di internet juga berpengaruh terhadap kecepatan akses internet, ada banyak sekali aplikasi browser saat ini, pilihlah yang menurut para peneliti di internet browser tersebut cepat dan aman. Contohnya : Internet Explorer 8, Mozilla Firefox, Opera, Google Chrome, Netscape, Maxthon dan lain-lain.

10. Tempat Tinggal Anda (Sinyal)
Jika tempat tinggal anda memberi sinyal yang kuat untuk kartu modem anda maka anda akan mendapat koneksi yang lancar, tetapi belum tentu cepat. Sinyal kuat hanya memberikan anda koneksi yang jarang terputus-putus.

11. Modem yang anda gunakan.
Jangan sembarang membeli modem tanpa mengetahui kualitas modem tersebut, jika ISP anda memberikan kecepatan Internet sebesar 3,2 Mbps tetapi modem anda tidak mendukung sama saja bohong. (tetapi kecepepatan internet yang ditawarkan ISP kebanyakan kiasan saja)

12. Usahakan Modem Jangan Terlalu Panas
Modem yang panas akan mempengaruhi kinerja modem itu sendiri, yang secara langsung mempengaruhi kecepatan internet anda. Usahakan belilah kabel perpanjangan USB agar modem bisa diletakan dilantai untuk menjaga suhu modem tetap stabil.
Share this article :

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Belajar Internet | Dwi Aji
Copyright © 2011. BELAJAR INTERNET - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by MTemplate
Proudly powered by Blogger