BIAYA AKSES INTERNET VIA GPRS DAN ADSL SERTA PENGHEMATANNYA

Saat ini akses internet dapat dilakukan dengan berbagai cara. Mulai dari classic way, dial-up via telepon kabel yang lemot gak terkira,  ADSL yang katanya cepat tapi terkadang kalah ama dial-up, dan GPRS /3G/CDMA yang menggunakan modem selular. Kalau dial-up dan ADSL hanya bisa dilakukan dirumah atau tempat yang punya akses telepon tetap, maka akses internet via modem selular memberikan mobilitas yang hanya dibatasi oleh sinyal selular yang digunakan. Internet dimanapun tentu memberi kenikmatan tersendiri. Lagi makan siang dan butuh informasi penting maka walaupun lagi di kafe maka bisa langsung membukan internet dan cari info yang diinginkan.
Sebenarnya semuanya kedua cara diatas sama-sama dial-up. Untuk menggunakan internet kita harus melakukan dial-up terlebih dahulu. Namun sepertinya dial-up lebih identik dengan penggunaan telpon tetap sebagai akses internet. Dari segi biaya terdapat 2 macam perhitungan biaya internet yaitu:

  1. Time Based, perhitungan biaya sesuai waktu online. Jadi biaya akses internet berdasarkan waktu dari kita dial-up hingga memutuskan koneksi internet tersebut. Sebagai contoh untuk akses internet via TelkomNet Instan yang biayanya Rp 160/menit + ppn 10% = Rp 176/menit. Maka bila kita mengakses internet selama 60 menit/1 jam maka perhitungannya adalah 60 X 176 = Rp  10.560/jam. Cukup mahal ya. Untuk ADSL Speedy juga menggunakan metode yang sama dimana Speedy memberikan akses 50 jam/bulan dengan biaya Rp 200.000. Kelebihannya permenit akan dikenakan tambahan biaya Rp 25/menit. Sebenarnya cukup sih karena biaya perjamnya jadi 200.000/50=Rp 4.000/jam, biaya ini hampir sama dengan di warnet.
    Keuntungan dari timebased adalah kita tidak perlu memikirkan website apa yang akan kita buka, apakah website penuh video dan gambar tidak akan mempengaruhi biaya akses. Tapi kerugiaannya bila akses melambat entah dikarenakan apapun maka pembayaran tetap sama sesuai dengan lama kita melakukan akses. Terkadang kita perlu membaca email, berita, blog, atau apapun sehingga internet kita tidak berjalan karena pada saat kita membaca beberapa site tidak akan melakukan download/upload namun biaya atau waktu akses terus berjalan. Dulu jaman dialup saya ingat untuk internet hemat maka 5 menit pertam saya gunakan untuk mebuka semua web yang ingin saya baca per window sehingga komputer saya dipenuhi browser. Setelah semua terbuka maka internet saya putus dan mulailah membaca satu  persatu, dengan demikian akses lebih hemat namun repotnya bila ada yang belum terbuka dan ingin membaca yang lain maka harus dial lagi.
  2. Data Based, perhitungan biaya berdasarkan jumlah upload dan download data yang kita gunakan selama akses. Contohnya adalah GPRS/3G/CDMA sebagian besar menggunakan metode ini. Demikian juga dengan Speedy Personal yang menerapkan metode biaya yang sama. Biasanya provider memberikan jatah akses berkisar 250MB-5GB perbulan dengan biaya Rp 100.000 – Rp 500.000. Untuk perhitungan jumlah data maka kita tidak perlu khawatir bila kita sedang membaca email, blog, dan berita karena biasanya website-website tersebut tidak melakukan upload/download bila semua data sudah selesai di load ke browser. Namun seiring perkembangan beberapa website terutama website type Web 2.0 yang memiliki feature AJAX terkadang melakukan aktifitas dibelakang walaupun kita hanya sedang melihat atau membaca isinya saja. Apalagi website yang dipenuhi content video flash. Video flash walaupun kita pause atau tidak dijalankan namun secara background dia akan terus mendownload isi video ke buffer player agar dapat dijalankan dengan mulus pada saat kita mainkan lagi. Hal inilah yang terkadang tidak disadari pengguna internet dengan perhitungan jumlah data. Pada saat kita membuka profile teman di Friendster, MySpace, atau Facebook maka secara tidak sadar data terus didownload dibelakang walaupun halaman telah tampil sepenuhnya.Untuk 1 halaman profile yang penuh animasi, video, dan gambar maka data yang terdownload bisa berkisar 2MB – 5MB. Jadi bila kita membuka profile sebanyak 10 teman maka kita membuang sekitar 20MB-50MB. Dengan akses cepat seperti Speedy maka kita tidak akan merasakan bahwa data yang terpakai sudah banyak dalam waktu hanya sekitar 15 menit.
    Karena itu akses internet dengan perhitungan jumlah data maka kita harus memperhatikan halaman yang dibuka. Bila halaman yang dibuka penuh gambar, video, dan animasi dan halaman tersebut tidak terlalu penting maka sebaiknya segera close/tutup window halaman tersebut sebelum halaman tersebut menghabiskan jatah internet anda.
Nah itulah 2 metode perhitungan biaya akses internet di Indonesia. Tinggal kita yang menentukan pilihan paket internet mana yang ingin kita gunakan. Bila kita menggunakan internet untuk download lagu, program, video, dan lain-lain saya sarankan menggunakan perhitungan waktu akses atau kalau perlu ambil yang unlimited akses dengan biaya tetap. Sedangkan untuk yang menggunakan internet untuk buka email, baca berita, blogging, mencari info, dan aktifitas internet lainnya yang tidak menggunakan akses data besar maka sebaiknya menggunakan internet dengan perhitungan biaya berdasarkan pemakaian data. Selain itu ada beberapa cara yang bisa digunakan agar penggunaan internet dengan perhitungan jumlah data tidak mendownload data yang tidak diinginkan seperti iklan. Cara tersebut antara lain:
  1. Gunakan Mozilla FireFox, atau IE 7 keatas yang memiliki proteksi baik dari  PopUp, AdWare, atau MalWare yang banyak di internet.
  2. Gunakan AdBlock Plus yang merupaka  plugin dari Firefox. Plugin ini kan memblok gambar ataupun multimedia lainnya bila memiliki URL, filename yang di identifikasi sebagai iklan. Kita juga bisa menambahkan filternya sehingga bila kita mengunjungi suatu website berikutnya gambar yang tidak ingin kita lihat bila tidak ditampilkan dan tidak terdownload. Dengan demikian bisa menghemat penggunaan data untuk gambar atau media yang ingin kita lihat saja.
  3. Gunakan antivirus dan anti spyware yang selalu terupdate. Karena bila komputer anda terkena virus atau spyware maka komputer anda bisa melakukan aktifitas yang tidak anda tahu dan menghabiskan jatah internet anda.
Gambaran dan cara diatas cuma merupakan pandangan saya saja. Bila ada kesalahan maupun ketidakakuratan data mohon dimaafkan. Semoga tulisan ini dapat membantu teman-teman dalam memilih cara akses internet anda.
Share this article :

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Belajar Internet | Dwi Aji
Copyright © 2011. BELAJAR INTERNET - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by MTemplate
Proudly powered by Blogger